Tanaman Parijata Kaya Manfaat
Tanaman Herbal

Tanaman Parijata Berkhasiat Warisan Sunan Muria

inspirasitani. com – Parijata atau banyak yang menyebut Parijoto yang memiliki nama latin Medinilla Speciosa merupakan tanaman buah yang berkhasiat. Tanaman ini tumbuh secara alami di Kalimantan, Filipina, dan Jawa. Di pulau Jawa parijata banyak terdapat di Jawa Tengah khususnya di lereng gunung Muria, Kudus. Parijata di samping memiliki khasiat juga sangat indah untuk dijadikan tanaman hias karena buahnya yang cantik.

Tentang Parijata

Bunga Parijata
Bunga Parijata

Parijata atau Parijoto juga ada yang menyebutnya dengan sebutan Anggur Asia. Parijata termasuk dalam jenis tanaman Epifit, yaitu tanaman yang tumbuhnya menumpang pada tanaman lain. Selain itu Parijata merupakan tanaman menahun, yaitu tanaman yang bisa tetap hidup setelah masa produksinya berlangsung. Tempat tumbuhnya biasa di hutan pegunungan yang lembab dan teduh di ketinggian antara 800 – 2300 mdpl. Parijata merupakan tumbuhan semak yang rata-rata memiliki tinggi antara 45 – 60 cm. Memiliki batang-batang berkayu yang berukuran kecil dan merupakan tempat tumbuh bagi daun-daunnya. Daun ini berwarna hijau, jika dipegang terasa lembut. Daun parijata berukuran panjang mencapai 20 cm dan lebar mencapai 15 cm dengan urat daun terlihat sangat jelas. Parijata memiliki bunga yang berukuran kecil berwarna merah muda cerah. Bunga-bunga ini tumbuh di atas malai yang berukuran besar pada batang yang berwarna kemerahan. Masa berbunga parijata berlangsung selama satu bulan yang akan disusul dengan kemunculan buah-buah kecil. Buah-buah Parijata bergerombol karena merupakan buah majemuk dan berukuran kecil. Pada awal tumbuhnya buah berwarna merah muda dan saat matang berubah menjadi ungu kebiruan. Warna ini sangat mirip dengan salah satu jenis buah anggur ( Baca : Cara Menanam Anggur Di Pot Dan Pekarangan ) sehingga parijata sering disebut sebagai Showy Asian Grapes.

Menanam Parijata

Tanaman Parijata
Tanaman Parijata

Tumbuhan yang pada awalnya merupakan tanaman semak liar, kini sudah banyak yang menanam di rumah bahkan sampai dibudidayakan. Hal ini disebabkan karena masyarakat sudah mulai mengenal tumbuhan ini. Sebagai tanaman hias parijata memiliki kapasitas untuk itu, berbunga dan berbuah indah. Selain itu parijata merupakan tumbuhan semak sehingga sangat tepat sebagai tanaman hias pot. Sebagai tanaman budidaya parijata juga sangat layak karena dengan beberapa manfaat dan khasiatnya yang kini semakin banyak dicari. Buah parijata di perdagangkan baik dalam ujud tanaman, buahnya, dan bahkan olahannya. Olahan buah ini biasanya sudah berbentuk sirup.

Manfaat Parijata

Buah Parijata
Buah Parijata

Buah parijata mengandung antioksidan alami yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan inilah yang membuat buah parijata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebagaimana kita ketahui bahwa antioksidan dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas yang masuk ke tubuh manusia. Beberapa manfaat lainnya adalah :

  • Menghambat penyebaran tumor
  • Mencegah tumbuhnya sel kanker
  • Mencegah timbulnya peradangan atau penyakit yang merusak sistem daya tahan tubuh
  • Menyembuhkan sariawan
  • Obat untuk Kolesterol
  • Obat untuk Diare

Selain manfaat-manfaat tersebut masyarakat mempercayai bahwa parijata ampuh untuk mengatasi masalah hormonal dan kesuburan. Bahkan buah parijata juga dipercaya dapat menjaga kondisi kandungan.

Demikian tentang parijata dan khasiatnya semoga bermanfaat. Anda bisa mengetahui informasi lainnya, baca :

Cara Merawat Kelinci Hias Bagi Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *