Manfaat susu kambing etawa
Pemanfaatan

Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan

inspirasitani.com -Jenis kambing etawa sudah tidak asing di telinga masyarakat luas apalagi dikalangan para peternak kambing. Harganya yang tergolong mahal menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk membudidayakannya. Daya tarik yang lain adalah karena kambing etawa memliki dwiguna yaitu untuk dimanfaatkan daging dan susunya. Manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan tentu ini yang lebih lazim kita dengar. Di samping manfaat untuk kecantikan juga.

Kambing etawa adalah kambing asli dari India, di sebut juga kambing Jamnapari. Kambing jenis ini mampu menghasilkan susu 3 hingga 4 liter per hari. Untuk mendapatkan turunan yang lebih adaptif maka kambing etawa disilangkan dengan kambing lokal Indonesia yang kita kenal dengan sebutan Peranakan Etawa atau PE.

Kambing Etawa
Kambing Etawa

Kandungan gizi

Susu kambing etawa memiliki banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk manusia. Menurut hasil penelitian Vateriner Bogor dalam setiap 100 gram susu kambing mengandung :

  1. Protein (gram) : 3,6
  2. Lemak (gram) : 4,2
  3. Karbohidrat (gram) : 4,5
  4. Kalori (cal) : 69
  5. Fosfor (gram) : 111
  6. Kalsium (gram) : 134
  7. Magnesium (gram) : 14
  8. Besi (gram) : 0,05
  9. Natrium (gram) : 50
  10. Kalium (gram) : 204
  11. Vitamin A (IU) : 185
  12. Thiamin (Mg) : 0,05
  13. Rhiboflavin (Mg) : 0,14
  14. Niachin (Mg) : 0,28
  15. Vitamin B6 (Mg) : 0,05

Keunggulan susu kambing etawa

Pada umumnya masyarakat sudah sangat familiar dengan susu sapi. Namun tidak ada salahnya kita mulai melirik susu kambing etawa baik dari kandungan gizi dan manfaatnya. Berikut beberapa keunggulan dari susu kambing etawa :

  • Kandungan Protein kasein pada susu kambing lebih sedikit dari susu sapi. Hal itu menjadikan susu kambing lebih aman sebagai alternatif untuk orang-orang yang alergi terhadap susu sapi. Efek samping alergi terhadap susu sapi antara lain muntah, diare, dan ruam kulit.
  • Kandungan Lemak pada susu kambing memang lebih banyak dibandingkan susu sapi. Akan tetapi molekul lemak susu kambing lebih kecil sehingga menghasilkan buih yang kecil dan lembut. Sehingga enzim pencernaan memecah lebih cepat untuk menghasilkan energi.
  • Kandungan Kalsium pada susu kambing lebih tinggi dari susu sapi. Kalsium sebagai mineral penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Yaitu untuk meningkatkan metabolisme, penghubung antar saraf, pergerakan otot saraf, dan mengoptimalkan kinerja jantung.
  • Kandungan Laktosa dalam susu kambing lebih sedikit daripada susu sapi. Laktosa yaitu gula dalam susu. Bagi orang yang sensitif terhadap laktosa, susu kambing menjadi pilihan yang baik.

Manfaat susu kambing etawa

Melihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam Susu kambing etawa, maka tidak heran jika susu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain :

1. Berperan dalam pertumbuhan tulang janin

Ibu hamil sangat baik jika mengkonsumsi susu ini, kandungan kalsium dalam susu kambing etawa lebih tinggi sekitar 7 kali dari pada susu sapi. Kalsium berperan penting pada pertumbuhan tulang janin. Susu ini baik juga diminum oleh ibu menyusui karena nutrisinya yang bisa untuk melancarkan asi.

2. Meningkatkan kecerdasan anak

Kandungan vitamin B2 dan B3 yang berfungsi untuk pertumbuhan sel saraf dan otak sangat baik pada masa pertumbuhan anak. Hal ini bisa meningkatkan daya ingat dan kecerdasan anak.

3. Baik bagi kesehatan saraf

Kandungan zinc dan magnesium dalam susu ini baik untuk menjaga saraf. Jika susu ini diminum dalam keadaan hangat akan memberikan efek menenangkan pada tubuh terutama meredakan rasa penat dan pikiran stres.

4. Menjaga fungsi jantung

Kandungan Kalium dalam susu ini bisa menormalkan tensi darah dan melancarkan sirkulasi darah. Saat kedua hal ini masih terjaga maka masalah gangguan fungsi jantung bisa diminimalisir.

5. Mengobati gangguan pernapasan

Kandungan Flourin dan betakasein terdapat dalam susu ini bisa untuk mencegah dan mengobati gangguan pernapasan. Bahkan dengan pemakaian rutin bisa mengobati penyakit sekelas tuberkulosis (TBC), asma dan flek paru-paru.

6. Menyehatkan lambung

Kandungan alkali dalam susu ini aman bagi penderita asam lambung dan sekaligus mencegah maag.

7. Membantu diet

Kandungan lemak serta protein susu kambing etawa sangat mudah dicerna oleh lambung dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Untuk itu susu ini bisa dimasukan dalam program diet.

8. Mencegah dan mengobati diabetes

Kandungan A2-betakasein serta asam amino esensial dalam susu ini bisa membantu produksi insulin. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes yang mana tubuh susah bahkan tidak bisa memproduksi insulin sendiri.

9. Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan fluorin dalam susu ini tidak hanya mengatasi permasalahan pernapasan saja, melainkan bisa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perlu diketahui kandungan fluorin dalam susu kambing etawa bisa mencapai 10 kali lebih besar dari susu sapi.

10. Merawat kecantikan

Banyak produk kecantikan yang menggunakan susu ini sebagai bahan dasar pembuatannya. Susu ini bisa menyehatkan dan membantu kulit beregenerasi dengan baik.

11. Melawan peradangan

Kandungan mikrobiota dalam susu kambing bisa menormalisasi mikrobiota dalam usus manusia sekaligus memicu respon imun untuk melawan peradangan.

12. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan mineral kalsium, fosfor dan vitamin D yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Mineral-mineral inilah yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Rekomendasi susu kambing etawa

Susu Kambing Etawa
Susu Kambing Etawa

Saat ini banyak sekali merek susu kambing etawa yang beredar di pasaran. Setiap merek tentu menawarkan keunggulannya padahal secara umum tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanyalah bahan baku susu yang di peroleh dari peternakannya dan juga proses pengolahannya. Perbandingan susu yang di dapat dari bibit kambing yang super dan bukan. Perbandingan antara susu yang diolah dengan metode yang tepat dan kurang tepat. Dari banyak merek ini silakan anda memilih sesuai selera. Untuk saya sendiri mempercayakan mengkonsumsi susu kambing etawa Provit sebagai pemenuhan kalsium harian. Dan untuk anda yang ingin mengetahui informasi pemesanan susu kesehatan, susu kambing etawa Provit anda bisa menghubungi WA 081578866354

Demikian manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan, semoga bermanfaat juga untuk anda. Jangan lupa untuk selalu mengunjungi inspirasitani.com untuk mengetahui berbagai macam informasi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *