Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan
Pemanfaatan

10 Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

inspirasitani.com – Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah – rempah berbentuk biji yang banyak di Budidayakan di Indonesia, baca : Cara Budidaya Kapulaga Jawa Hemat Biaya. Sebagai bumbu masakan Kapulaga memiliki rasa sedikit pedas dan aroma yang khas. Di samping sebagai bumbu masakan, manfaat kapulaga yang lain adalah sebagai obat herbal dalam dunia kesehatan.

Kandungan Nutrisi Dalam Kapulaga

Kapulaga memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang memadai serta rendah kalori dan lemak. Ada beberapa nutrisi yang terkandung dalam 1 sdm kapulaga, yaitu :

  • 18 kalori
  • 4 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 0,6 gram protein
  • 1,6 gram serat
  • 22,2 gram kalsium
  • 64,9 mg kalium
  • 0,81 mg zat besi
  • 10,3 mg fosfor
  • 13,3 mg magnesium

Kapulaga juga mengandung senyawa alami dengan sifat antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

Di samping sebagai bumbu masakan supaya terasa lezat ternyata Kapulaga juga dipercaya memiliki manfaat lain untuk kesehatan, antara lain :

1. Membantu menurun tekanan darah

Kapulaga memiliki sifat antioksidan dan diuretik, hal inilah dalam sebuah penelitian menduga sifat antioksidan dan diuretik dalam kandungan kapulaga bisa menurunkan tekanan darah. Ekstrak kapulaga dapat meningkatkan buang air kecil sehingga memungkinkan untuk menghilangkan air yang menumpuk di tubuh. Penumpukan air dalam tubuh ini juga salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan utama dalam kapulaga adalah serat. Serat memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem pencernaan. Dalam satu sendok makan kapulaga terdapat sekitar 1,6 gram serat. Jika tubuh cukup mendapatkan serat maka sembelit atau susah buang air besar bisa dihindari. Di samping itu kapulaga juga bisa mengontrol kadar asam lambung dan empedu,menyembuhkan sakit perut, serta menambah nafsu makan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kapulaga memiliki kandungan antioksidan yang aktif sehingga membantu jantung dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Di samping itu kapulaga juga mampu menekan kadar trigliserida dan kolesterol menjadi lebih rendah. Tapi dalam studi ini dilakukan terhadap hewan, sehingga perlu kajian lebih lanjut untuk memastikan efeknya pada manusia.

4. Melawan penyakit asma

Kapulaga merupakan rempah – rempah penghasil minyak atsiri. Minyak atsiri yang terkandung dalam kapulaga memiliki sifat efektif meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah. Khasiat tersebut biasa digunakan oleh para ahli pengobatan tradisional sebagai aromaterapi. Dan aromaterapi tersebut ampuh dalam mengobati masalah pernafasan seperti asma dan bronkitis yaitu peningkatan sirkulasi darah yang menuju paru – paru.

5. Membunuh bakteri dan jamur

Kandungan minyak atsiri dalam kapulaga menunjukan aktifitas antimikroba. Dalam satu studi menemukan bahwa minyak atsiri kapulaga efektif dalam membunuh beberapa jenis bakteri dan jamur.

6. Menjaga kesehatan hati

Kapulaga bisa menurunkan kenaikan enzim hati yaitu trigliserida dan level kolesterol. Kapulaga juga bisa mencegah pembengkakan liver sehingga bisa menurunkan resiko penyakit liver.

7. Meningkatkan kesehatan mulut

Mengunyah kapulaga dapat menghilangkan bau mulut dan membuat nafas segar. Hal ini diduga berkat senyawa antibakteri yang ada di dalamnya. Kapulaga juga dipercaya efektif mencegah gigi berlubang.

8. Mengurangi resiko kanker

Kapulaga mengandung fitokimia alami yang dapat membantu melawan kanker. Sifat anti kanker yang dimiliki kapulaga ini dipercaya mampu mengurangi resiko seseorang terkena kanker.

9. Mengobati infeksi

Kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga mampu melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan di dalam tubuh. Dengan kata lain, kapulaga dapat menjadi obat herbal untuk meningkatkan imun tubuh.

10. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Kapulaga memiliki efek anti – inflamasi yang dapat melawan peradangan sehingga mencegah terjadinya penyakit kronis. Penyakit – penyakit kronis ini antara lain : kanker, penumpukan lemak di pembuluh darah ( Aterosklerosis ), diabetes melitus, dan hipertensi. Penyakit kronis bisa disebabkan karena peradangan dalam jangka panjang. Antioksidan dalam kapulaga dipercaya mampu melindungi sel – sel tubuh dari kerusakan dan menghentikan terjadinya peradangan.

Demikian manfaat – manfaat Kapulaga untuk kesehatan, hal tersebut sebagai obat alternatif dalam penyembuhan dan pencegahan penyakit. Namun demikian konsultasikan juga kepada para ahli medis, sebab dari manfaat – manfaat kapulaga di atas ada yang masih dalam sebuah kajian.

Jika ingin mengetahui informasi lain anda bisa membaca :

Cara Menanam Melon Dalam Pot Atau Polybag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *