Cara Merawat Bunga Krisan Nan Eksotik
Tanaman Hias

Cara Merawat Bunga Krisan Nan Eksotik

inspirasitani.com – Bunga Krisan atau sering kita menyebutnya dengan Bunga Seruni merupakan tanaman hias berbunga eksotik dengan beragam warna. Biasanya bunga ini dimanfaatkan sebagai bunga petik atau bunga potong. Bunga krisan ( Chrysanthemum ) mulai dikenal dan dibudidayakan di Indonesia sejak lama yaitu pada abad 17 dan berkembang pesat sampai saat ini. Sebagai lahan bisnis krisan sangat menjanjikan karena manfaatnya sebagai dekorasi ruangan dan buket bunga. Dalam acara – acara pesta dan acara formal juga banyak menggunakan krisan sebagai dekorasi ruangannya. Untuk mendapatkan krisan yang baik dan cantik tentu butuh perawatan yang baik juga. Lalu bagaimana Cara Merawat Bunga Krisan yang baik ? Mari simak sampai tuntas.

Jenis – Jenis Bunga Krisan

Krisan Kuning
Krisan Kuning

Sebelum menanam krisan alangkah baiknya kita menentukan jenis krisan yang akan ditanam. jika kita akan menanam krisan dalam pot sebagai penghias halaman maka sebaiknya tanamlah krisan yang umum dan bukan dari jenis krisan potong. Krisan potong memiliki batang yang lebih panjang dan lemah sehingga tidak bertahan lama. Ada beberapa krisan yang cocok ditanam dalam pot yaitu :

  • Krisan Pompom, memiliki – bunga bunga yang berbentuk bola – bola kecil seperti pompom.
  • Krisan Anemone, bunganya memiliki kemiripan dengan bunga Aster yaitu memiliki helai mahkota sebanyak satu atau dua baris saja di sekeliling pusatnya.
  • Krisan Daisy, karena krisan ini memiliki kemiripan dangan bunga daisy yaitu memiliki helai mahkota sebaris.
  • Krisan Spider, yaitu salah satu krisan yang populer ditanam dalam pot, helai mahkotanya panjang dan padat.

Penanaman Krisan

Krisan Pink
Krisan Pink

Benih atau biji krisan bisa dengan mudah kita dapatkan di toko – toko pertanian dan harganya pun tergolong murah. Sebelumya siapkan media tanam yang baik untuk menanam krisan. Kita bisa membuatnya sendiri dengan komposisi tanah bercampur kokopit ( serbuk kelapa ), gambut dan arang sekam dengan perbandingan 4 : 4 : 1. Atau bisa juga kita membeli media tanam siap pakai di toko – toko pertanian dan toko online. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan pot – pot berukuran sedang dan isilah dengan media tanam yang sudah tersedia. Menanam benih krisan sebaiknya 5 – 6 biji dalam satu pot, penataannya bisa dengan meletakkan satu biji di tengah dan lainnya diletakkan di sekelilingnya. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi persaingan antar tanaman dalam mendapatkan nutrisi juga sekaligus saat tumbuh besar tanaman dalam satu pot terlihat lebih cantik.

Cara Merawat Bunga Krisan

Krisan Putih
Krisan Putiih

Secara umum merawat bunga krisan sama dengan merawat tanaman hias lainnya. Tanaman krisan sangan menyukai sinar matahari secara langsung. Lakukan hal ini dengan durasi 6 – 8 jam setiap hari. Sedangkan untuk penyiraman sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Penyiraman hendaknya pada bagian akar dan batangnya saja, hindari penyiraman pada bagian daun. Sebagaimana tanaman lain, krisan juga membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk itu pemberian pupuk perlu dilakukan. Penggunaan pupuk organik ( Baca : 3 Cara Membuat Bokashi Pupuk Organik Ramah Lingkungan ) disarankan supaya tanaman tidak tercemari bahan kimia.

Perawatan tanaman yang baik dan benar tentu akan menghasilkan bunga krisan yang rajin berbunga, subur dan sehat. Demikian Cara Merawat Bunga Krisan sangat simple dan mudah. Semoga bermanfaat. Untuk mengetahui informasi lainnya anda bisa baca :

Cara Merawat Kaktus Mini Penghias Indoor Rumah Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *