Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag
Budidaya

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag

inspirasitani.com Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag di sekitar rumah bisa menjadi alternatif lain untuk mempercantik halaman dan pekarangan kita, di samping untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur sendiri.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bawang merah adalah jenis tanaman sayuran dalam kelompok sayuran bumbu dari umbi. Jenis sayuran ini memang dalam kategori vital karena hampir setiap masakan menggunakan bahan bumbu ini. Dengan harganya yang kadang mengalami lonjakkan membuat masyarakat mengalami keberatan dalam pemenuhan bahan yang satu ini walaupun tidak setiap saat. Untuk itu tidak ada salahnya kita mencoba memanfaatkan halaman dan pekarangan rumah kita untuk menanam bawang merah.

Tekhnis Menanam Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag

Selama ini kita berasumsi bahwa tanaman bawang merah hanya tumbuh di daerah tertentu, tapi sebenarnya tidak. Tanaman bawang merah pada dasarnya bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 0 – 900 mdpl. Tanaman bawang merah membutuhkan sinar Matahari 12 jam per Hari, suhu optimum berkisar antara 25 sampai 32 derajat Celcius, dengan keasaman tanah PH 5,6 sampai 7. Dengan kata lain bahwa tanaman bawang merah dapat ditanam di dataran rendah sampai sedang.

Persiapan Media Tanam

Mengingat kita akan menggunakan Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag maka kita akan lebih mudah dalam pembuatan media tanam. Lain halnya apabila kita akan menanam bawang merah di lahan tentu butuh pengolahan tanah, pembuatan bedengan dan menutupnya dengan mulsa. Kali ini kita hanya perlu mempersiapkan wadah berupa pot, polybag, atau jika kita memiliki wadah – wadah bekas bisa juga kita manfaatkan. Setelah wadah – wadah tersebut kita siapkan langkah selanjutnya adalah menyiapkan tanah, pupuk kandang dan kapur pertanian/dolomit. Cara pencampuannya sangat mudah yaitu hanya tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, sedangkan kapur pertanian cukup taburkan kurang lebih 1/20 dari volume campuran tanah dan pupuk kandang. Kemudian setelah semua media diaduk tinggal dimasukkan ke dalam wadah berupa pot, polybag, atau wadah lainnya. Selanjutnya diamkan sekurang – kurangnya satu minggu untuk siap ditanami.

Pembibitan

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag

Bibit bawang merah bisa di dapatkan dari biji dan umbi. Jika menggunakan biji caranya tinggal menanam bijinya di media yang sudah kita siapkan. Jika kita akan menanam bibit yang berupa umbi maka pilihlah umbi yang sudah siap tanam. Tapi jika umur bibit kurang dari dua bulan maka perlu melakukan pemongesan ujung bawang merah kurang lebih 0,5 cm . Fungsinya yaitu untuk lebih mempercepat tumbuhnya tanaman. Cara menanamnya benamkan seluruh umbi bawang merah kedalam media.

Perawatan

Perawatan awal pada Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag ini adalah penyiraman. Penyiraman dilakukan sehari dua kali yaitu pagi dan sore hari sampai kira – kira umur 10 hari, selanjutnya tanaman cukup disiram satu kali sehari.

Kemudian pemupukan dilakukan setelah tanaman berumur dua Minggu. Pupuk yang digunakan adalah campuran UREA, ZA, dan KCL dengan perbandingan 23% – 50% – 27%. Taburkan campuran pupuk tersebut ke media tanam. Jangan terlalu banyak karena bisa berakibat kematian pada tanaman. Pemupukan susulan dilakukan pada saat tanaman berumur 5 Minggu dengan takaran setengahnya dari pemupukan sebelumnya.

Penyiangan gulma perlu juga dilakukan karena dengan tumbuhnya gulma akan menghambat kesuburan tanaman bawang merah. Lakukan penyiangan gulma sebelum proses pemupukan.

Pengendalian Hama Dan Penyakit

Pada umumnya hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman bawang merah adalah hama ulat ( Spodoptera sp ) dan penyakit layu fusarium yang disebabkan oleh cendawan.

Hama ulat spodoptera sp menyerang daun yang gejalanya ditandai dengan bercak putih pada daun. Penanganan hama ini bisa dengan cara manual yaitu pemungutan ulat dan telurnya lalu dimusnahkan. Tapi jika sudah terlalu banyak bisa dengan cara penyemprotan insektisida.

Penyakit layu fusarium dengan ciri – ciri daun menguning, seperti terpilin, dan pada bagian pangkal batang membusuk. Penyemprotan menggunakan fungisida bisa dilakukan, tapi jika tanaman sudah mati maka perlu mencabut tanaman dan membakarnya.

Panen Bawang Merah

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag

Bawang Merah sudah bisa dipanen pada umur minimal 55 hari, hal ini ditandai dengan posisi daun yang sudah mulai rebah. Jika bawang tersebut untuk bibit maka kerebahan daun harus mencapai 90%. Bisa juga melakukan pengecekan pada umbi bawang merah.

Jika dari hasil panen ini bisa mendapatkan bibit maka untuk proses penanaman berikutnya kita tidak perlu membeli bibit lagi. Usaha, kerja keras, dan belajar akan membawa hasil yang maksimal.

Jika ingin mendapatkan informasi lainnya anda bisa membaca :

Cara Memanfaatkan Sampah Menjadi Media Hidroponik

Cara Budidaya Lebah Madu Klanceng Bagi Pemula

Cara Merawat Aglonema Yang Sangat Mudah

Cara Menanam Sayuran Di Lahan Sempit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *