Cara Membuat Nutrisi AB Mix
Hidroponik

Cara Membuat Nutrisi AB Mix Sederhana Untuk Hidroponik

inspirasitani.com – Sebagaimana kita tahu bahwa pengertian Hidroponik adalah cara membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tanamnya. Dalam hal ini air yang dimaksud adalah air nutrisi sebagai suplemen bagi tanaman supaya tumbuh subur. Nutrisi yang digunakan untuk budidaya hidroponik ini biasa kita sebut dengan Nutrisi AB Mix. Dan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit pengalaman saya tentang Cara Membuat Nutrisi AB Mix. Atau mungkin lebih tepatnya nutrisi pengganti AB mix. Karena jika mengacu kepada komposisi atau unsur – unsur yang terkandung di dalam AB Mix yang beredar di pasaran itu sangatlah lengkap. Dan untuk hal itu tentu kita sangat keberatan dalam proses pembuatannya. Namun demikian dari pengalaman saya menanam menggunakan AB Mix buatan sendiri ternyata hasilnya juga bagus.

Hal yang mendasar kenapa kita perlu mecoba untuk membuat AB Mix sendiri? Karena dengan membuat AB Mix sendiri diharapkan kita bisa menghemat biaya oprasional dan dengan hasil panen yang sama bila menggunakan AB Mix keluaran pabrik. Jadi manfaatkanlah bahan – bahan yang ada dan murah untuk berHidroponik ( Baca : Cara Memanfaatkan Sampah Menjadi Media Hidroponik ).

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum membuat nutrisi ini tentu perlu dipersiapkan bahan – bahannya yaitu :

  • Pupuk KCL sebanyak 10 gram
  • Pupuk Urea sebanyak 10 gram
  • Pupuk Gandasil D sebanyak 5 gram
  • Air sumur atau air sungai
  • Botol plastik bekas air kemasan sebanyak 2 buah
  • Gelas plastik bekas air kemasan sebanyak 3 buah
  • Gelas ukur
  • Pengaduk

Cara Membuat Nutrisi AB Mix

  • Masukkan 100 ml air sungai/sumur pada masing – masing gelas plastik yang telah kita siapkan.
  • Larutkan pupuk KCL, pupuk Urea, dan pupuk Gandasil D ke dalam setiap gelas plastik. Usahakan pupuk benar – benar larut jangan sampai ada endapan.
  • Masukkan larutan KCL dan larutan Urea ke dalam satu botol plastik yang sudah disediakan lalu kocok sampai benar – benar tercampur rata. Dan campuran ke dua larutan ini yang di sebut nutrisi A.
  • Masukkan larutan Gandasil D ke dalam satu botol plastik lainnya. Dan larutan ini yang disebut nutrisi B.

Cara Menggunakannya

Menggunakan AB Mix Buatan
Menggunakan AB Mix Buatan

Setelah proses pembuatan selesai maka sudah diperoleh nutrisi A dengan volume 200 ml dan nutrisi B dengan volume 100 ml. Apabila menginginkan volume yang sama yaitu masing – masing 200 ml maka tinggal membuat larutan gandasil D lagi. Sampai pada fase ini boleh juga kita sebut sebagai membuat biang atau pekatan pupuk untuk Hidroponik. Kemudian untuk mengaplikasikannya saat kita mulai menanam sayuran yaitu siapkan 2 buah ember yang masing – masing berisi 1 liter air sungai/sumur. Kemudian masukkan pekatan A ke dalam salah satu ember dan masukkan pekatan B ke dalam ember lainnya lalu aduk hingga terlarut. Untuk jumlah pekatan yang harus di gunakan kita sesuaikan dengan kebutuhah nutrisi pada masing – masing tanaman/sayuran. Maka dari itu TDS meter sangat diperlukan dalam bertani secara hidroponik. Setelah proses ini selesai maka kita sudah memperoleh nutrisi AB Mix siap pakai sebanyak 2 liter, untuk volume lebih dari itu kita bisa membuat kelipatannya.

Demikian cara membuat nutrisi AB Mix sederhana untuk hidroponik. Semoga bermanfaat. Jika ingin mendapatkan informasi lain baca juga :

Jenis Aglonema Termahal Dan Terpopuler 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *