Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam
Budidaya

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam

inspirasitani.com Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam, tanaman yang kaya manfaat bagi tubuh kita. Tahukah anda bahwa cincau hitam ini berbeda dari cincau rambat ( cincau hijau ) ? Dari jenis tanamannya jelas berbeda. Cincau hitam adalah jenis tanaman perdu yang di kenal dengan nama Janggelan ( Jawa ), Mesona palustris BL ( Latin ), Grass Jelly ( Inggris ). Tanaman ini tumbuh di daerah dengan ketinggian 150 – 1800 mdpl, dengan kata lain hampir bisa tumbuh di mana saja. Ciri – ciri tanaman ini adalah batangnya beruas, berbulu halus dan kebanyakan bercabang pada bagian bawahnya. Sedangkan daun cincau hitam berwarna hijau, lonjong, tipis lemas, ujungnya runcing, pangkal tepi daun bergerigi.

Cincau Hitam memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita di antaranya :

  1. Sebagai Antioksidan
  2. Menghindari Diabetes
  3. Melawan Bakteri
  4. Meningkatkan Imun Tubuh
  5. Baik untuk sistem pencernaan
  6. Mencegah tumor dan kanker.
  7. Menjaga berat badan

Dan lain – lain.

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam
Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam

Pengolahan Lahan

Dengan melihat karakteristiknya tanaman Cincau Hitam ini mudah tumbuh di mana saja. Namun demikian bukan berarti tanaman ini tidak butuh perlakuan. Pengolahan lahan sebagai langkah awal keberhasilan sebuah proses penanaman perlu diperhatikan. Pencangkulan tanah adalah sebuah hal yang harus dilakukan. Hal ini untuk penggemburan agar tanah tidak padat dan menghilangkan rumput serta gulma yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman. Buatlah bedengan dengan pemberian parit di antara bedengan satu dengan lainnya. Pemberian kapur pertanian perlu diberikan untuk menetralisir PH atau keasaman tanah, caranya taburkan pada tanah yang sudah dicangkul tersebut. Tunggu kurang lebih satu Minggu agar kapur pertanian sudah meresap ke dalam tanah untuk siap ditanami.

Bibit

Pembibitan dilakukan dengan cara memotong batang tanaman. Pilihlah batang tanaman yang sudah tua, potong _ potong sekitar 15 cm.

Penanaman

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam selanjutnya adalah proses penanaman. Setelah lahan disiapkan dan didiamkan kurang lebih selama satu minggu maka proses penanaman bisa dimulai. Buatlah lubang – lubang kecil untuk menanam batang _ batang tanaman cincau hitam. Ingat, jangan sampai terbalik dalam penancapan batang tanaman cincau hitam karena bisa jadi batang tidak akan tumbuh. Biasanya mulai 5 hari tanaman cincau hitam terlihat tumbuh tunas daun muda.

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam Yang Baik
Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam Yang Baik

Perawatan

Pemupukan I

Pada saat umur tanaman cincau berumur satu bulan lakukan pemupukan awal. Pemupukan bisa dilakukan dengan pupuk organik dan non organik. Saat ini pupuk organik juga sudah banyak beredar di toko – toko pertanian. Jika menggunakan pupuk non organik, caranya buatlah lubang kecil dengan jarak 10 – 15 cm dari pohon dan masukan pupuk ke dalam lubang kecil tersebut.

Pemupukan II

Pemupukan kedua dilakukan pada saat tanaman berumur 2 bulan. Caranya sama dengan pemupukan pertama.

Penyiangan

Bersihkan rumput dan gulma dari tanaman cincau hitam karena rumput dan gulma bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Saat membersihkan rumput dan gulma ini sebaiknya tuntas sampai ke akarnya untuk menghindari tumbuh lagi.

Penanggulangan Hama Dan Penyakit

Hama Ulat daun, Ulat Jengkal, dan Rayap Putih adalah hama yang biasanya menyerang tanaman cincau hitam ini. Penanganannya bisa secara manual dengan mengambilnya dan memusnahkan, tapi jika sudah menyebar maka langsung saja semprot dengan pestisida.

Dan Bubuk Batang adalah Penyakit yang menyerang tanaman cincau hitam ini. Penyakit ini biasanya menyerang pada saaat tanaman berumur 10 – 20 hari. Cara mengatasinya adalah dengan fungisida.

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam

Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam Yang Sangat Mudah
Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam Yang Sangat Mudah

Panen

Setalah melewati beberapa proses Cara Budidaya Tanaman Cincau Hitam, tentu hal yang ditunggu dan diharapkan adalah masa panen. Tanaman cincau hitam biasanya akan tumbuh bunga pada saat berumur 4 bulan. Pemanenan cukup menggunakan sabit, ambil batang tanaman yang sudah tua dan biarkan yang masih muda. Hasil panen bisa dijemur supaya kering untuk selanjutnya bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dari pada tanaman cincau yang basah.

Demikian semoga bermanfaat, jika anda ingin mendapat informasi lainnya baca di :

Cara Memanfaatkan Sampah Menjadi Media Hidroponik

Cara Budidaya Lebah Madu Klanceng Bagi Pemula

Cara Merawat Aglonema Yang Sangat Mudah

Cara Menanam Sayuran Di Lahan Sempit

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Dan Polybag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *