Cara budidaya lebah madu klanceng
Budidaya

Cara Budidaya Lebah Madu Klanceng Bagi Pemula

InspirasiTani.com – Cara budidaya Lebah Madu Klanceng merupakan bentuk usaha yang sangat menjanjikan karena sekarang kebutuhan madu klanceng sangat tinggi. Harga madu klanceng yang sangat bagus menjadikan masyararakat mulai melirik bentuk usaha yang satu ini. Biaya yang murah dalam pembibitan dan pemeliharaan, serta mudah dalam perawatan inilah juga menjadi faktor daya tarik tersendiri.

Pengertian Lebah Madu Klanceng

Lebah madu klanceng adalah salah satu habitat binatang kekayaan alam Indonesia. Binatang penghasil madu ini hidup secara berkoloni dengan satu ekor ratu yang hanya bertugas untuk berkembang biak. Sementara para lebah madu klanceng yang lain hanya mencari nektar di bunga bunga sebagai penghasil madu dan sebagai cadangan makanan mereka.

Lebah madu klanceng memiliki ukuran tubuh yang kecil, mereka tidak menyengat tapi mengginggit dan gigitannya pun tidak sakit. Mereka membuat sarang di pohon yang berlubang, dan yang sering kita jumpai adalah di usuk rumah dari bambu.

Manfaat Madu Klanceng

Madu klanceng memiliki rasa yang khas yaitu manis keasaman berbeda dari lebah madu lainnya. Dibalik rasanya yang manis asam tersebut madu lebah klanceng juga memiliki maanfaat untuk manusia. Berikut beberapa contoh maanfaat dari madu klanceng di antaranya :

  1. Memperlancar peredaran darah
  2. Mencegah stroke
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  4. Mengobati penyakit maag
  5. Memperkuat fungsi otak dan jantung
  6. Membantu penyembuhan pasca operasi
  7. Mengembalikan kebugaran tubuh
  8. Mencegah kanker
  9. Meningkatkan hormon
  10. Membunuh bakteri

Di samping manfaat manfaat tersebut tentu masih banyak manfaat yang lainnya.

Cara Budidaya Lebah Madu Klanceng

Cara budidaya lebah madu klanceng sebenarnya tidak jauh berbeda dengan budidaya lebah madu lainnya. Sangat mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus.

Yang pertama dalam cara budidaya lebah madu klanceng tentu adalah mempersiapkan rumah untuk tempat tinggal lebah madu klanceng. Seperti halnya manusia bahwa lebah madu klanceng juga memerlukan rumah tinggal yang nyaman untuk berteduh dan aman dari gangguan / serangan musuh.

Maka sebaiknya kita dalam membuat rumah tinggal lebah madu klanceng sedemikian rupa seperti mereka tinggal di alam bebas. Kemudian bahan bahan yang biasa digunakan untuk membuat rumah lebah madu klanceng antara lain :

1. Bambu

Tips budidaya lebah madu klanceng

Bambu merupakan bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Di alam terbuka lebah madu klanceng juga sangat suka tinggal di bambu bambu yang sudah kering.

Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu hanya memotong satu ruas batang bambu. Ruas kedua sisi diikut sertakan karena berfungsi sebagai penutup kedua belah sisi.

Setelah satu ruas dipotong tinggal dibelah menjadi dua, fungsinya adalah agar dalam proses pemanenan madu lebih mudah hanya membuka belahan bambu tanpa harus merusaknya.

Kedua sisi belahan bambu kita olesi malam (tempat telur/madu klanceng ) supaya rapat. Kemudian kita beri lobang kecil sebagai pintu keluar masuk lebah, dan lobang tersebut di tempeli pintu asli buatan lebah tersebut. Bentuknya seperti terompet kecil berwarna coklat hitam.

2. Kayu

Budidaya lebah madu klanceng

Kayu juga merupakan bahan yang banyak terdapat di sekitar kita. Misal dari sisa bangunan atau bekas perabotan yang sudah rusak dan tidak terpakai.

Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu kita hanya membuat sebuah kotak dengan ukuran sekitar panjang 30 cm, lebar 20 cm dan tinggi 20 cm atau sesuai selera. Satu lembar papan yang berukuran 30 cm x 20 cm tidak usah dipaku atau tidak permanen bisa dibuka tutup, fungsinya sebagai pintu untuk proses pemanenan dan mengontrol lebah. Sebagai pintu keluar masuk lebah kita buat satu lobang kecil. Untuk lain – lainnya caranya masih samadengan dari bahan bambu.

3. Semen

Cara membudidayakan lebah madu klanceng

Untuk membuat sarang lebah madu dari bahan semen ini tentu tidak hanya semen melainkan dicampur dengan pasir sebagai adukan seperti kita akan membuat pot atau bangunan. Bentuk dari rumah lebah madu klanceng ini sesuai keinginan, bisa kotak bisa juga menyerupai pot tanaman tergantung bagaimana kita akan mencetaknya. Yang terpenting adalah bahan yang digunakan sebagai campurannya harus sesuai karena kelemahan rumah lebah ini mudah retak dan pecah. Untuk pintu pemanenan dan lobang keluar masuk lebah madu klanceng juga dibuat seperti pada rumah lebah dari bahan bambu dan kayu.

Pembibitan Cara Budidaya Lebah Madu Klanceng

Untuk masalah bibit biasanya kita mencari dari alam, kita bisa dapatkan dari usuk ru rumah yang terbuat dari bambu karena lebah madu klanceng sangat menggemari tempat – tempat seperti itu. Tinggal kita pindahkan ratu dan sarangnya ke rumah tinggal lebah yang baru. Dan perlu diperhatikan bahwa ratu lebah klanceng jangan sampai mati ataupun lepas karena berakibat seluruh koloni lebah bisa pergi berhamburan. Biasanya para petani lebah madu klanceng memotong sedikit sayap lebah ratu. Untuk cara yang lebih mudah dalam mencari bibit bisa juga membeli dari para pemburu lebah madu klanceng.

Proses panen

Tujuan dari cara budidaya lebah madu klanceng tentu adalah hasil yang positif. Hasil yang positif ini tentu tak lepas dari proses yang benar dan tepat.

Jika dalam satu sarang atau koloni terdapat jumlah lebah yang banyak tentu akan menghasilkan madu yang banyak pula. Di samping kita harus memberikan suplai makanan yaitu menanam bunga di sekitar rumah lebah.

Dalam proses pemanenan madu lebah klanceng ini sebenarnya sangat mudah yaitu hanya membuka rumah mengambil lebah ratunya dulu agar tidak tergilas dan mati ataupun hilang. Kemudian tiup koloni lebah agar pergi dari malam tempat madu. Selanjutnya tinggal diperas di atas wadah dengan menggunakan saringan agar kotoran malam tidak ikut tercampur ke dalam madu. Langkah selanjutnya madu tinggal di masukan ke dalam botol. Kemudian kembalikan ratu ke sarang lagi seperti proses awal. Waktu pemanenan berkisar antara 3 – 5 bulan tergantung dari produktifitas koloni lebah madu klanceng.

Peluang Usaha

Usaha dari beternak lebah madu klanceng ini sangat menjanjikan karena saat ini madu lebah klanceng sangat di cari oleh konsumen. Tidak membutuhkan modal banyak dan biaya operasional juga sangat murah atau hampir dibilang tidak ada. Di pasaran harga madu lebah klanceng ini di jual dengan harga sekitar Rp. 80.000,- /200 ml.

Demikian cara budidaya lebah madu klanceng, semoga bermanfaat dan menjadi lahan anda mengais rejeki tambahan. Simak pula informasi inspirasitani.com sebelumnya mengenai cara memanfaatkan sampah menjadi media hidroponik dan beragam informasi menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *